Generasi Online Menulis Terus

Konsep, Pendekatan, Prinsip Dan Aspek Geografi



Konsep, Pendekatan, Prinsip Dan Aspek Geografi

Istilah geografi berasal dari bahasa yunani yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti mencitrakan, sehingga secara keseluruhan geografi memiliki arti mencitrakan bumi dan hal-hal yang terjadi di atasnya (erasthothenes).

 

Definis geografi menurut beberapa para ahli

1.    Karl Ritther (1859)

Geografi adalah suatu penelitian mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia.

 

2.    Von Ricthoffen (1905)

Geografi adalah studi tentang gejala dan sifat permukaan bumi dan penduduknya berdasarkan daerah geografinya (karakteristik vegetasi, permukaan, tanah, iklim, flora dan fauna)

 

3.    Paul Vidal de La Blance (1915)

Geografi adalah suatu studi yang meandang manusia sebagai makhluk yang aktif, membudidayakan potensi alam yang ada untuk menunjang kualitas hidupnya.

 

4.       Alexander (1958)

Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.

 

5.       Hartstone (1960)

Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi.

 

6.    Yeates (1963)

Geografi adalah ilmu mengenai pertumbuhan rasional dan lokasi dari keragaman sifat di permukaan bumi tanpa mengesampingkan alasan rasional.

 

7.    Bintarto (1977)

Geografi adlaah ilmu yang menjelaskan sifat bumi, mencitrakan, menganalisa gejala alam serta penduduk dan menrangkan corak yang khas tentang kehidupan dan mencari fungsi dari beberapa unsur bumi beserta gejala-gejalanya, tetapi juga mempelajari manusia beserta semua kebudayaan yang dihasilkan.

 

8.    Vermor E. Finch & Glen Trewartha (1980)

Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya yang selalu berubah dan dinamis. Dengan kata lain geografi adalah ilmu yang fokus pada aspek fisik bumi yang selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

 

9.    Depdikbud (1989)

Geografi ialah studi yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

 

 

Obyek Studi Geografi

Obyek material

Semua materi atau fenomena yang terjadi di permukaan bumi atau geosfer

 

Litosfer

Lapisan batuan keras yang meliputi seluruh permukaan bumi

 

Atmosfer

Lapisan udara yang ada di permukaan maupun di dalam bumi

 

Biosfer

Lapisan tempat hidup seluruh makhluk hidup dan tumbuhan sebagai satu komunitas

 

Hidrosfer

Lapisan tempat hidup seluruh makhluk hidup dan tumbuhan sebagai satu komunitas

 

Antroposfer

Lapisan manusia beserta dinamikanya, baik kematian, kelahiran, migrasi dan lainnya

 

Prisip geografi

Prinsip penyebaran

Prinsip ini menjelaskan bahwa fenomena atua gejala dan fakta yang tersebar tidak merata di permukaan bumi, sebagai contohnya : peredaan dari persebaran curah hujan antara indonesia bagian barat dan timur

 

Prinsip interelasi atau keterkaitan

Prinsip ini menjelaskan hubungan keterkaitan dalam ruang antara suatu fenomena geografi dengan fenomena lainnya, sebagi contoh : kemarau panjang akibat adanya pengaruh el-nino membuat lahan pertanian kekeringan dan petani gagal panen.

 

Prinsip deskripsi

Prinsip ini menjelaskan bahwa setiap keterkaitan antara fenomena geosfer ayang diselidiki atau dipelajari disajikan dalam bentuk jurnal, grafik, diagram, tabel, peta dan gambar. Sebagai contohnya : Tsunami aceh disebabkan gempa 8,8 SR yang menyebabkan 200,000 korban jiwa.


 

1 komentar:

Geomets.Com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.

bisnisgeomets@gmail.com

Top Komentar

Kontak Kami

Nama

Email *

Pesan *